Solusi Penglihatan Binokuler

WASPADAI EFEK RADIASI SINAR BIRU DARI GADGET PADA PENGLIHATAN

Perlindungan mata dari radiasi sinar biru

Memakai perangkat digital/barang elektronik seperti smartphone, laptop, komputer dan TV LED sudah menjadi pemandangan umum sehari-hari. Hampir semua kalangan masyarakat, baik anak-anak maupun dewasa sudah bergantung kepada perangkat tersebut dalam menunjang aktivitas sehari-hari. Bekerja, belajar dan bermain sebagian sudah bisa ditunjang dengan media perangkat digital/ elektronik. Pemakaian yang sangat intens dapat memberikan efek yang tidak baik bagi mata, karena perangkat elektronik memancarkan sinar biru yang dapat memberikan dampak buruk bagi mata bila mata terpapar dalam jangka waktu yang lama.

Dampak buruk sinar biru bagi mata diantaranya adalah:

  1. Mata lelah
  2. Sering merasa pusing bila menggunakan perangkat gadget dalam jangka waktu lama
  3. Penglihatan jadi buram
  4. Mata kering dan iritasi ringan karena mata kurang sering berkedip
  5. Kerusakan retina dibagian sentral.

Dalam jangka panjang, sinar biru yang terus terpapar masuk ke mata bisa menyebabkan degenerasi makula retina. Degenerasi makular adalah kondisi mata dimana pada daerah makula yaitu pada daerah pusat retina mengalami disorientasi (kehilangan panduan). Sampai saat ini belum ada penyembuhannya dan diperlukan penanganan yang intensif. Kondisi ini akan mengarah kepada kebutaan.

Beberapa tindakan perlindungan terhadap mata diantaranya adalah dengan memakai kacamata dengan lensa anti sinar biru atau lensa blue coating. Lensa ini dapat digunakan baik untuk mereka yang sudah memiliki ukuran atau pada mata normal. Lensa anti sinar biru direkomendasikan bagi mereka yang aktif di depan perangkat digital/ elektronik,  dan terutama untuk anak-anak yang saat ini merupakan pengguna perangkat digital/elektronik terbesar di masyarakat.

Selain itu, berilah jeda untuk mengistirahatkan mata setelah beraktivitas didepan perangka digital dan elektronik beberapa jam serta lakukan kegiatan didalam ruangan yang memiliki penerangan yang cukup.

WASPADAI EFEK RADIASI SINAR BIRU DARI GADGET PADA PENGLIHATAN

WASPADAI EFEK RADIASI SINAR BIRU DARI GADGET PADA PENGLIHATAN

Back to Top
Lens Simulator